Tuesday, May 09, 2006

Puisi: Burung Kecil, Rintik

Burung Kecil

Bernyanyilah burung kecil
Karena tak kudengar lagi lagu merdu,
yang mendayu di pagi yang berembun
Atau di sore hari saat matahari hendak tidur

Pekak aku mendengar semua sampah bualan,
yang berebutan menerjang masuk ke kupingku
Omong kosong yang mengobral ilusi kebenaran
Penghujatan akan moral dan nurani

Kuingin dengar kepak sayapmu
Diiringi bunyi daun yang tertiup angin
Jadikanlah hariku tenang dan damai
Dendangkanlah hati nurani.

Alex Kuple. Pd.Cina, 3-12-1993

Rintik

Ketika hujan turun
aku bertanya kepada sebuah rintik yang jatuh
Adakah ia membawa serta nyanyian langit
Karena sudah lama tak kudengar alam bernyanyi,
ataukah aku yang tak lagi selaras dengan alam
Rintik,
isi relung jiwaku dengan bunyi tik-tik mu
Kan kau dengar gemanya membelah dada,
karena begitu lamanya ia sepi dan hampa
Hantarkan aku dengan alunan melodi dan iramamu
Menuju taman di mana aku takkan lagi tidak merasakan nyanyian.

Alex Kuple. Pd.Cina, 24-12-1993/5-1-1994.

No comments: