Tuesday, July 03, 2007

Komunitas Jazz Chics 28 Juni 2007

Komunitas Jazz Chics 28 Juni 2007

Ini merupakan gathering kedua Komunitas Jazz Chics. Seperti yang pertama bertempat di pelataran parkir Chic's Musik Jalan Pemuda 65 Rawamangun Jakarta Timur, juga diadakan pada hari Kamis minggu keempat. Setelah Jakarta diguyur hujan sejak pagi, cuaca menjadi bersahabat menjelang acara dimulai.
Kali ini line up yang dijadwalkan tampil adalah Baim Trio, Kincir Jazz Band dan Heaven On Earth. Ternyata jumlah penampil bertambah mengingat antusiasme penikmat Jazz yang hadir. Saya datang agak terlambat karena latihan dulu di rumah Baim mempersiapkan materi yang akan ditampilkan. Penampil pertama merupakan Jam Session pembuka (Erick-Gitar, Abbas-Piano, Andre-Bass dan Nuris-Drum) membawakan "All Blues". Kemudian berikutnya adalah Akustik (Ajang Kumpul Siswa Chic's) yang merupakan kolaborasi murid-murid Chic's Musik (antara lain Adit-Bass, Adi-Drum, Ryan-Gitar, Vivi & Mitha-Vokal), membawakan lagu-lagu jazzy pop. Baim Trio (Baim-Vokal&Gitar, Alex Kuple-Bass dan Acha-Drum) tampil selanjutnya membawakan lagu "Enter Sandman"-nya Metallica yang diaransemen Be Bop serta lagu pop 80an "Madu & Racun" dimedley dengan "Singkong & Keju" yang dibawakan secara funk dan latin. Baim (ex Ada Band) selama ini dikenal sebagai penyanyi pop, namun musik jazz merupakan referensinya juga dalam berkarya.
Setelah Baim Trio giliran Kincir Jazz Band (Herman-Drum, Erick-Gitar, Sonny-Piano, Joko-Bass, Acil-Perkusi, dan Mitha-Vokal) membawakan lagu-lagu jazz standard beraroma latin seperti "Aqua deBeder" dan "Desafinado". Kemudian dilanjutkan oleh Heaven On Earth (Bhayu-Piano, Andre-Bass dan Ossa-Drum) menampilkan lagu-lagu free jazz dan fusion. Pada lagu ketiga Heaven On Earth tampil Nuris Sungkar, drummer cilik berusia 10 tahun yang merupakan anak dari Ossa membawakan lagu "Spain". Setelah itu giliran jam session yang pesertanya cukup banyak antara lain Puji (Gitar), Ray (Vokal), Martin (Bass), Abbas (Piano), Dimas (Gitar), Nana (Vokal), Yudhi Dado (Drum), juga musisi-musisi yang sudah tampil sebelumnya.
Terimakasih buat rekan-rekan penikmat Jazz yang hadir, para musisi yang tampil, juga Pak Jemmy dan Chic's Musik yang membuat acara gathering kedua ini meriah dan sukses. Semoga Komunitas Jazz Chics bisa mewadahi aspirasi penikmat Jazz Indonesia khususnya Jakarta. Sampai bertemu kembali bulan depan. Salam Jazz.
Komunitas Jazz Chics 28 Juni 2007

4 comments:

Mohammad Helman Taofani said...

Sekarang sibuk sama show-show yang jazzy ya bos? Kapan Army Ants dirampungin? Dan kapan nih nge-gig yang "keras" lagi?

Alex Kuple said...

Halo Bung Helman, kebetulan gw bisa dikit2 nge-jazz dan ngajar di chics jadi diminta ikutan ngurusin komunitas jazz chics. Tapi tetep grunge sumber inspirasi gw dalam berkarya. Main jazz sangat bagus untuk memperkaya harmonisasi dan skill bermusik. Saat bikin lagu yang keluar ya nggak jauh dari grunge, hehe..
The Army Ants lagi belum jalan lagi, Joshua lagi sibuk pindahan kantor baru...

JP MILLENIX said...

Hai Kakak.... salam dari adik Millenix... Sukses ya Kak.... Aku juga suka main drum... doakan aku ya Kak, biar pintar seperti Kakak...

Anonymous said...

Seneng Jazz, Fusion ???
Joint Trijaya FM (104.6 Mhz, JKT)
Minggu, 19.30-21.00 WIB
Request by email at : jazzontrijaya@radio.fm